Mapping Area Pemasaran

Mapping Area


Salah satu hal penting sebelum memulai usaha ataupun bagi usahawan yang ingin menambah cabangnya adalah "Mapping Area" atau pemetaan wilayah pemasaran.


Setelah melalui tahapan pemilihan bidang usaha yang cocok untuk anda, maka langkah selanjutnya anda harus buat pemetaan wilayah pemasaran untuk mengetahui potensi penjualan barang/jasa yang akan anda pasarkan di wilayah tersebut. Saya katakan bahwa ini bagian yang penting. Ketika anda memulai atau mengembangkan cabang usaha anda, ivestasi yang anda keluarkan tentu tidaklah sedikit dari mulai sewa tempat (jika belum punya tempat usaha sendiri), pembelian alat kerja, perlengkapan, biaya bahan dan yang tidak sedikit pula biaya promosi. bayangkan belasan, puluhan atau ratusan juta modal yang anda keluarkan akan amblas di tahun pertama usaha anda jika anda salah mengambil keputusan, dan kita dapat melihat banyak sekali contoh nya di sekitaran kita, usaha yang tidak dapat bertahan lebih dari 1 tahun lalu gulung tikar.

Saya bukan sedang menakuti anda yang punya rencana mendirikan sebuah usaha, dan perlu anda ketahui orang yang memutuskan memulai usaha adalah bukan orang orang penakut, tapi benar benar percaya bahwa rejeki sudah ada yang mengatur, terlebih bagi mereka yang melepas zona nyamannya untuk beralih ke dunia usaha, mereka semua adalah pemberani. Namun faktor faktor resiko tetap harus di pertimbangkan, agar permodalan yang sudah anda keluarkan dapat berputar secara baik, dan usaha yang ada jalankan dapat tumbuh dengan baik pula.

Dengan melakukan Mapping Area, maka anda akan mendapatkan banyak sekali informasi informasi yang akan berguna bagi anda dalam mengambil keputusan yang lebih tepat. Mapping Area dapat anda lakukan dengan berbagai cara seperti pengamatan, kunjungan, analisa data, pola questioner dan lain sebagainya, anda bisa cari banyak referensi metoda Mapping Area secara teoritis. Dan beberapa hasil yang akan kita peroleh setelah melakukan Mapping Area tersebut adalah : siapa calon konsumen anda, siapa saja kompetitor anda, berapa harga yang cocok anda terapkan untuk barang/jasa anda, bagaimana anda memasarkan barang/jasa anda, berapa target yang akan anda tetapkan untuk tenaga tenaga pemasar anda, apa media promosi yang cocok untuk wilayah tersebut, dan banyak lagi keputusan keputusan yang dapat anda ambil setelah Mapping Area tersebut.

Januari - April 2013, saya melakukan Mapping Area untuk rencana pembukaan Bengkel Las di wilayah Beji Depok, di sekitaran Beji ada 14 Bengkel Las (pinggir jalan) dan 6 Bengkel Las dekat pemukiman, saya tanyakan juga beberapa dari mereka harga untuk masing masing produknya, spek bahan yang di gunakannya, di mana mereka membeli bahan bakunya, sampai melihat kualitas hasil kerja mereka. dengan begitu saya dapat memutuskan harga, spek, model, dan promosi yang cocok untuk saya terapkan di Bengkel Las saya.

Demikian, semoga bermanfaat.

Wasalam,
085710738708

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memulai Usaha